Catur adalah permainan yang secara universal dikenal sebagai platform ideal untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Permainan papan berpusat di sekitar 6 buah yang berbeda dan papan bermain 64 kotak warna bergantian, biasanya hitam dan putih. Saat bersaing, pemain akan terlibat dalam ketegangan dan reaksi yang penuh ketegangan untuk menentukan langkah terbaik berikutnya untuk jalan menuju kemenangan. Meskipun permainan ini telah dimainkan oleh raja abad pertengahan selama lebih dari seribu tahun, banyak pemula mungkin memerlukan bantuan untuk menavigasi permainan. Baca terus untuk panduan langkah demi langkah singkat kami tentang cara belajar sendiri cara bermain catur.
Cara Mengajar Diri Sendiri Bermain Catur
1. Siapkan papan catur Anda
Permainan ini dilengkapi dengan papan yang terdiri dari serangkaian baris horizontal, yang secara numerik diberi label 1-8 terhadap kolom vertikal bertanda A-H. Secara keseluruhan, ada 64 kotak di papan dan ketika ditempatkan dalam koordinasi yang tepat, setiap sisi papan akan memiliki kotak putih di kanan bawah.
Setelah itu, pemain harus membiasakan diri dengan susunan bidak catur di papan. Setiap bidak catur menandakan peran yang unik dan harus ditempatkan di kotak yang ditentukan seperti yang dinyatakan di bawah ini:
- Pion: Atur semua Pion Anda di baris kedua.
- Benteng (kastil): Tempatkan potongan-potongan ini di paling kiri dan kanan papan.
- Ksatria (kuda): Potongan-potongan ini harus ditempatkan tepat di sebelah Benteng bergerak menuju pusat papan.
- Uskup: Tempatkan Uskup tepat di sebelah Ksatria.
- King: Potongan King harus ditempatkan di kotak tengah yang kontras warnanya, misalnya King putih di kotak hitam.
- Queen: Potongan Queen harus berada di kotak tengah yang sesuai dengan warnanya, sangat berlawanan dengan potongan King.
2. Pelajari cara memindahkan bidak catur.
Seperti peran yang diberikan kepada anggota kastil, setiap bagian yang berbeda memiliki gerakan khusus karena hierarki yang terpisah. Banyak pemain terintimidasi oleh aturan pergerakan bidak catur yang tampaknya rumit, tetapi dengan sedikit bantuan seperti yang ditunjukkan di bawah ini, Anda akan terbiasa dengannya dalam waktu singkat.
- Pion: Pada langkah pertama, Pion diberikan kemampuan untuk bergerak 2 ruang ke depan. Jika tidak, sejak saat itu, mereka hanya dapat bergerak 1 ruang ke depan dan menangkap bidak lainnya secara diagonal. Ketika Pion berhasil mencapai ujung papan yang berlawanan, Anda dapat menggantinya ke bidak lain kecuali Raja.
- Benteng: Benteng dapat bergerak secara horizontal atau vertikal selama banyak ruang yang tersedia.
- Ksatria: Potongan-potongan ini bergerak dalam bentuk ‘L’ baik dengan dua ruang vertikal atau horizontal dan satu ruang lainnya dalam arah yang berlawanan dengan cara 90°. Ini memungkinkan bidak Knight untuk melompati bidak dari kedua warna di ruang di mana ia mengendap.
- Uskup: Uskup hanya dapat bergerak secara diagonal pada kotak berwarna serupa dalam jumlah ruang yang tidak terbatas per arah.
- Ratu: Ratu memiliki berbagai gerakan termasuk horizontal, vertikal, dan diagonal ke segala arah atau jumlah ruang, dan menangkap dengan cara yang sama.
- King: Potongan King adalah yang paling berharga tetapi hanya bergerak satu ruang setiap belokan ke segala arah dan menangkap orientasi ini juga.
3. Memahami jurus-jurus khusus atau istilah-istilah catur.
Anda telah mendengar istilah “castling” berkali-kali dalam catur. Tapi, ada apa sebenarnya? Di bawah segmen ini, Anda akan diperkenalkan lebih jauh dengan beberapa istilah catur yang pernah Anda dengar sebelumnya tetapi mungkin tidak Anda pahami.
Promosi gadai
Jika Anda berhasil memindahkan pion ke sisi berlawanan dari papan, Anda kemudian dapat mengubahnya ke pilihan bidak Ratu, Benteng, Uskup, atau Ksatria yang Anda inginkan. Cukup lepaskan bidak dari papan dan ubah menjadi bidak catur pilihan Anda. Tentu saja, bagian Ratu adalah pilihan populer karena keserbagunaannya yang tinggi.
Sambil lalu
“En passant”, atau bahasa Prancis untuk “in passing” hanya berlaku untuk bidak bidak. Jika pion, pada langkah pertama yang secara khusus diberikan 2 gerakan ruang, mendarat di sisi pion lawan, pion lawan memiliki opsi untuk menangkap pion lawan dalam arah diagonal.
Kastil
Langkah ini memungkinkan pemain untuk memindahkan Raja dan Benteng mereka pada giliran yang sama, di mana Raja telah memindahkan 2 kotak menuju Benteng diikuti dengan menempatkan Batu di sebelah Raja di kedua sisi papan. Castling hanya diperbolehkan di mana baik Benteng dan Raja tidak memiliki gerakan sebelumnya dalam permainan tanpa potongan di antara mereka. Keadaan situasional lain yang mungkin berlaku untuk aturan ini adalah bahwa hal itu tidak dapat dilakukan jika Raja dalam kendali.
4. Putuskan bagaimana cara memenangkan permainan.
Permainan akan berakhir baik melalui skakmat, seri, atau pengunduran diri lawan.
Sekakmat
Tujuan utama dari permainan ini adalah untuk melakukan skakmat pada Raja lawan ketika seorang Raja berada dalam kendali dan tidak dapat melarikan diri darinya. Sepotong Raja dapat lolos dari cek dengan memindahkannya, memblokir cek, atau menangkap bidak yang mengancam. Permainan berakhir setelah skakmat diumumkan.
Seri
Hasil imbang dapat terjadi dalam beberapa keadaan dalam permainan. Misalnya, dalam kebuntuan, Raja pemain berhasil kehabisan gerakan yang sah tetapi tidak terkendali. Situasi lain termasuk potongan yang tidak mencukupi di papan untuk mencapai skakmat atau kedua pemain setuju untuk berhenti bermain.
5. Mulai bermain dan berlatih
Sekarang setelah Anda terbiasa dengan orientasi dan peran elemen-elemen permainan, sekarang saatnya untuk mempraktikkan teori-teori ini. Ingat, pemain pertama selalu yang memiliki bidak putih. Saat bermain, ingatlah bahwa tujuannya adalah untuk mencapai skakmat, jadi lindungi raja Anda dengan cara apa pun. Saat Anda terus bermain, Anda akhirnya akan menjadi lebih baik dalam permainan.
Pepatah ‘latihan menjadi sempurna terutama benar dalam hal catur. Seiring waktu, Anda akan belajar bahwa salah satu poin menarik dari gim ini adalah kesederhanaannya, yang dapat dinikmati oleh grand-master dan pemain di semua tingkat keahlian.
Jika Anda ingin lebih dari sekadar pemula dalam keterampilan ini atau keterampilan lainnya, dan berupaya mengembangkan penguasaan yang sesungguhnya, maka Anda akan memerlukan strategi yang lebih dalam dan lebih kuat. Yang Anda butuhkan adalah cara untuk meretas otak Anda sehingga Anda dapat mengembangkan pola pikir pemenang.
Pola pikir pemenang adalah keadaan pikiran yang memungkinkan Anda memasuki keadaan mengalir sesuka hati. Anda melakukan ini dengan memprogram pikiran bawah sadar Anda.
Percaya atau tidak, sebagian besar dari apa yang Anda lakukan sepanjang hari rata-rata TIDAK dipilih secara bebas oleh kesadaran normal Anda meskipun mungkin tampak seperti itu. Yang benar adalah bahwa sebagian besar dari apa yang Anda lakukan sehari-hari dilakukan dengan autopilot. Contohnya adalah ketika Anda sedang mengemudikan mobil dan saat melakukannya Anda bosan dan mulai melamun. Sebelum Anda menyadarinya, Anda menemukan diri Anda beberapa mil lebih jauh di jalan dengan benar-benar NO memori telah mengemudi beberapa mil terakhir.
Jadi, siapa sebenarnya yang mengemudi saat kesadaran Anda berada di tanah la-la, dan bagaimana tepatnya Anda berhasil menghindari kecelakaan? Pikiran bawah sadar Anda memegang kendali. Anda telah menghabiskan waktu bertahun-tahun memprogram alam bawah sadar Anda dengan cara menangani berbagai kemungkinan skenario mengemudi dan dengan demikian tidak ada kesulitan untuk mengambil kemudi sementara kesadaran Anda yang terjaga mengambil sedikit istirahat. Dengan kata lain, Anda dapat mengambil tindakan yang efektif tanpa harus memikirkannya.